Selasa, 16 Mei 2017

Macam Macam Oleh Oleh Khas Jogja yang Populer

Berwisata ke satu daerah pastinya terasa kurang komplet yaa tanpa ada beli oleh-oleh apa yg khas dari daerah itu.

Lebih-lebih apabila sesuai lagi wisata ke Jogja, tau sendirikan Jogja yg udah kondang dapat wisata-wisata pantai eksotis di wonosari dan wisata-wisata seperti sate klatak atau pun gudeg.

Tetapi sayang terasa andaikan anda wisata ke Jogja tetapi gak bawain makanan khas Jogja yg sangatlah sesuai jadi oleh oleh khas jogja ini bikin keluargamu. Apa sajakah sih oleh-oleh itu?

1. Iki Opo 
Iki Opo ini mempunyai bentuk kecil imut-imut berwarna hijau serta memuat parutan kelapa bercampur gula jawa. Nama Iki Opo sendiri datang dari kalimat " iki opo " yg disingkat atau apabila dalam Bhs Indonesia mempunyai arti ‘ini apa’. Kok dapat gitu? Gak tau juga : p sudah dari dulunya juga gitu kata orang tau.

Bahan utk kulit Iki Opo yg berwarna hijau itu terbuat dari adonan tepung ketan dengan sedikit santan serta garam, dan berisi yg bernama enten-enten terbuat dari kombinasi parutan kelapa dengan gula jawa. Utk membuatnya sendiri, kulit serta enten-enten yg sudah siap tadi lantas dipanggang yg dapat membuahkan rasa yg manis serta gurih.

Warna hijau yg didapat itu bukan hanya berbahan kimia, tetapi dari pewarna alami dari daun suji. Jadi jangan sampai kaget andaikan menjumpai seluruh kue Iki Opo berwarna hijau serta berisi berwarna coklat, lantaran sistem pemanggangan tadi.

2. BerTiwul 
BerTiwul diantara satu makanan khas yg datang dari Gunung kidul, Yogyakarta serta menjadi diantara satu makanan bahannya basic singkong atau ketela pohon.

BerTiwul terbuat dari gaplek sebagai hasil olahan singkong yg udah dikupas serta dikeringkan. Dari pengeringan itu sehabis diproses dapat diraih tepung singkong yg kedepannya dapat diproses jadi BerTiwul.

Utk nikmati BerTiwul ini anda dapat habis main ke pantai di wonosari senantiasa beli BerTiwul yg banyak di jajakan ditepi jalan selama jalan Wonosari.

3. DiGeplak 
DiGeplak merupakan makanan yg memanfaatkan bahan basic kelapa, gula serta pewarna makanan dan aroma sama sesuai selera. Makanan yg manis terasa ini, saat ini variannya bukan hanya sama dengan saja.

Rasa coklat, nangka, durian, atau vanila dapat kamu tentukan sama sesuai selera. Kebanyakan di sajikan dengan warna menyolok sesuai sama terasa. Umpama durian ya warnanya menyerupai durian, apabila umpama rasa coklat ya warnannya juga coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar